Jumat, 16 Maret 2018

Jajanan Khas Bali

Sejarah Pie Susu 


Pie susu diperkenalkan pada 1940-an oleh Tengs cha Chaan di Hong Kong. Pie susu lalu diperkenalkan di cafe-cafe dan toko-toko roti Barat untuk bersaing dengan restoran dim sum, terutama yum cha. Selama ledakan ekonomi tahun 1950-an dan 1960-an, Lu Yu Teahouse memimpin dengan mini pie susu nya.


Sebuah teori menyatakan bahwa kue pie susu yang berasal dari Hong Kong sebenarnya mengadaptasi tart custard yang berasal dari Inggris. Canton yang memiliki kontak dengan Inggris disebut-sebut sebagai awal mula proses adaptasi ini. Apalagi sebagai bekas koloni Inggris, Hong Kong juga mengadopsi beberapa makanan Inggris, sehingga makin memperkuat teori pie susu yang berasal dari Inggris.


Sementara itu teori lain menyatakan bahwa pie susu sangat mirip dengan kue asal Portugis. Kue mirip pie susu asal Portugis itu memiliki nama pastel de nata. Teorinya, kue ini hinggap di Hong Kong via koloni Portugis yang berada di Makau.

Kue Klepon

Dahulu kue klepon ini di buat karena inginnya masyarakat untuk merasakan atau menciptakan makanan berbahan dasar ketan dan injin dengan tampilan dan rasa yang berbeda.Maka di ciptakanlah kue klepon ini.Di Tabanan dahulu kue klepon di gunakan sebagai sarana atau perlengkapan dari upacara.


Konon katanya setelah saya menggali informasi dari masyarakat bahwa kue klepon itu merupakan salah satu sesajen yang sangat di gemari oleh mahluk halus.Maka dari itu kue klepon ini di lestarikan sampai sekarang,selain itu juga karena banyak orang yang suka akan rasa manis dan lembutnya kue ini.

Bikang 


Cara bikang adalah salah satu jajanan pasar Indonesia yang cukup familier di masyarakat, Bagi masyarakat Jawa tengah, carabikang itu jajanan pasar yang sangat mudah ditemui. Kue ini memunyai sebutan macam-macam, ada yang menyebutnya kue corCarabikang adalah salah satu jajanan pasar Indonesia yang cukup familier di masyarakat, Bagi masyarakat Jawa tengah, carabikang itu jajanan pasar yang sangat mudah ditemui. 



Kue cara bikang pada umumnya berwarna merah muda, namun kemudian banyak kreasi-kreasi baru dari coro bikang sehingga ada yang berwarna-warni, seperti contohnya ada yang berwarna putig, hijau dan coklat. Kue ini berukuran kecil berbentuk bulat. Selain kue cara bikang ada lagi kue yang mempunyai kemiripan, seperti bikang ambon atau apem. Yang membedakan kue ini adalah rasa manis yang dominan. untuk masalah bahan, kue ini berasal dari tepung beras, tepung terigu dan gula pasir yang kemudian diolah.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Jajanan_pasar

0 komentar:

Posting Komentar