Rabu, 17 Januari 2018

Tanah Lot Bali

TANAH LOT BALI

Hasil gambar untuk tanah lot bali 
 
Pengertian Tanah Lot
Pura Tanah Lot adalah sebuah objek wisata di Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan pura uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam.
Hasil gambar untuk tanah lot bali

Sejarah Pura Tanah Lot
Menurut masyarakat Bali, Pura Tanah Lot dibangun oleh seorang brahmana bernama Danghyang Niratha yang tadinya mengembara dari Pulau Jawa. Beliau berhasil menguatkan kepercayaan mayoritas warga Bali tentang ajaran agama Hindu di abad 16. Namun, saat ia menjalani misi, Bendesa Beraban merasa iri dan ingin mengusir Danghyang Niratha dari tempat meditasinya.
Karena diusir, Danghyang Niratha sempat mengeluarkan kesaktiannya untuk memindahkan batu besar. Jadi, Pura Tanah Lot dipercaya tercipta dari kekuatan spiritual Danghyang Niratha yang memindahkan bongkahan batu besar ke tengah pantai dan menjadi tempat meditas beliau.
Setelah batu berhasil dipindahkan, dibangunlah sebuah pura dan dijaga oleh penjaga pura yang tercipta dari seledang poleng milik Danghyang Niratha. Lalu selendang itu diubah menjadi seekor kuda laut yang biasa disebut lipi poleng (ular hitam-putih).

Hasil gambar untuk tanah lot bali

Tempat untuk menikmati sunset

Meskipun cerita mengenai sejarah dan mitos Pura Tanah Lot akan beredar terus di telinga kita, pada dasarnya, Tanah Lot berasal dari kata ‘tanah’ yang berarti daratan dan ‘lot’ yang berarti laut. Jika digabungkan, Tanah Lot adalah pulau kecil yang mengapung di tengah laut.
Lokasi dan bentuk Pura Tanah Lot yang seperti itu, membuatnya cocok dijadikan sebagai tempat untuk menikmati sunset (matahari terbenam). Tidak heran jika tempat ini selalu ramai akan turis yang ingin menikmati sunset. 

Hasil gambar untuk tanah lot bali

0 komentar:

Posting Komentar